Uji Terbang dan Uji Fitur Drone Dji Phantom 4

Uji Terbang dan Uji Fitur Drone Dji Phantom 4 - Hallo sahabat Drone Galeri Drone Indonesia, Pada sharing Galeri Drone Indonesia kali ini yang berjudul Uji Terbang dan Uji Fitur Drone Dji Phantom 4, saya telah menyediakan review galeri drone lengkap. mudah-mudahan isi postingan galeri drone yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia reviewnya.

Title : Uji Terbang dan Uji Fitur Drone Dji Phantom 4

lihat juga


Uji Terbang dan Uji Fitur Drone Dji Phantom 4

FITUR-FITUR DASAR DARI PHANTOM 4

Uji terbang drone Dji Phantom 4
Uji terbang drone Dji Phantom 4

Index artikel review DJI Phantom 4

Review kemasan dan fisik DJI Phantom 4

Fitur dasar dan fitur terbaru beserta tes terbang Drone DJI Phantom 4

Review fitur DJI Go Apps Phantom 4 - Aplikasi bawaan DJI Phantom 4

Review Active Track DJI Phantom 4

Uji Kualitas Video hasil rekaman DJI Phantom 4

Tes DJI Phantom 4 Mode Sport

Pada hari ini kita akan melihat dan mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai Phantom 4 dalam dunia nyata ketika penerbangan.

Tetapi pertama kali, saya akan menjelaskan tentang sejarah model Phantom yang akan diuji. Phantom 3 dikeluarkan pada akhir tahun 2015. Selama beberapa waktu, Phantom 3 merupakan produk yang sangat ringan untuk digunakan.

Ketika dilakukan pengujian, baterai Phantom 3 habis dengan jumlah kurang dari 10 menit. Kita harus membandingkan kedua produk ini secara objektif dan adil. Pada tes yang pertama, baterai akan dilakukan pengujian ketika terbang pada waktu yang sama sehingga kita akan mendapatkan hasil yang akurat dengan kualitas gambar yang sangat tajam. Semua data yang pernah direkam akan disimpan dengan aman.

Tes waktu yang dibutuhkan untuk charger full baterai dji phantom 4
Tes waktu yang dibutuhkan untuk charger full baterai dji phantom 4 

PROSES PENGISIAN BATERAI

Untuk melakukan tes pengisian baterai, saya menggunakan Phantom 3 dan Phantom 4 sampai baterai tinggal sekitar 9%. Setelah itu, saya memasang baterai dan melakukan proses perekaman video untuk mengetahui waktu yang tepat selama pengisian baterai tersebut.

Ketika waktu berjalan tepat 7 menit, baterai yang ada pada Phantom 4 sudah menunjukkan dua bar yang terisi. Sehingga baterai pada Phantom 4 lebih unggul sekitar 1 menit. Pada menit ke-20, baterai yang ada di dalam Phantom 3 menunjukkan 3 bar pertama sehingga Phantom  3 juga lebih unggul sekitar 1 menit. Ketika waktu telah menunjukkan 59 menit dan 30 detik, baterai pada Phantom 3 telah memenangkan persaingan ini. Baterai pada Phantom 3 sudah penuh sekitar 4 menit sebelum baterai Phantom 4 menyala.

Berdasarkan tes pengisian baterai yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa baterai Phantom 4 pada awalnya mengisi lebih cepat tetapi secara perlahan pengisian baterai Phantom 4 mulai lambat dan memerlukan waktu yang lebih lama agar baterai dapat terisi penuh. Mungkin hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi anda. Saya menduga bahwa baterai tersebut berukuran lebih besar sehingga memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengisi baterai tersebut.

Tes lama waktu terbang Dji Phantom 4
Tes lama waktu terbang Dji Phantom 4

TES TERBANG

Setelah dilakukan proses pengisian baterai pada waktu yang sama pada Phantom 3 dan Phantom 4. Saya menunggu sekitar 3 jam sebelum pesawat siap untuk diterbangkan. Setelah kami menemukan taman yang cocok untuk melakukan tes, tepat pada pukul 17:30 kami menerbangkan pesawat tersebut di taman dengan kecepatan angin kurang dari 10 km/jam.

Tahap selanjutnya kami melakukan kalibrasi pada kompas yang ada di Phantom. Kemudian Phantom sudah melayang dari tanah. Pada kedua Phantom, baterai dimulai dari daya 96%. Kami mematikan Phantom ketika baterai memiliki daya 10%.

Hasil yang kami dapatkan adalah Phantom 3 dapat terbang selama 19 menit 40 detik untuk dan Phantom 4 dapat terbang selama 20 menit 50 detik. Setelah melihat hasil tersebut, kami melakukan tes lagi. Untuk tes terakhir kami menggunakan Sport Mode pada Phantom 4 dan menggunakan video 4K pada kedua model tersebut ketika diterbangkan.

Pada tes berikutnya, kami memilih Positioning Mode untuk Phantom 4. Mode ini untuk menghadapi rintangan. Kami tidak melakukan perekaman video  pada salah satu model tersebut. Pada tes tersebut kedua baterai tersebut dimulai pada daya 98%. Kami menurunkan alat tersebut ketika baterai sudah kritis.

Hasil yang kami dapatkan hampir sama dengan tes yang terakhir. Waktu penerbangan untuk Phantom 4 adalah 21 menit 10 detik dan waktu penerbangan untuk Phantom 3 adalah 20 menit 6 detik. Berdasarkan tes tersebut, kita telah mengetahui bahwa Phantom 4 memiliki waktu penerbangan sampai 22 menit dengan waktu terbang rata-rata adalah 20 menit.

Secara konsisten, waktu penerbangan yang didapatkan sekitar 1 menit lebih banyak dari Phantom 3. Tetapi kami akan tetap melakukan tes untuk melihat apakah ada perubahan yang terjadi di masa depan. Dari tes tersebut, waktu penerbangan Phantom 4 sedikit mengecewakan karena tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Selanjutnya kami akan membahas berbagai fitur yang ada di Phantom 4. Kami akan melihat bagaimana fitur ini dapat bekerja di dunia nyata.

FITUR-FITUR TERBARU PADA DJI PHANTOM 4

DJI Phantom 4 datang dengan fitur yang lebih lengkap dan baru. Phantom 4 disempurnakan dengan 4 sensor. Phantom 4 memiliki akurasi yang tangguh dan dapat terbang dengan lebih fleksibel. Sonar sistem yang ditanamkan pada Phantom 4 membuat alat ini menjadi stabil dan tidak mudah terguncang.

Pada kondisi normal, Phantom 4 yang memiliki Vision Positioning System akan menghasilkan akurasi vertikal sekitar 0.1 meter dan akurasi horizontal sekitar 0.3 meter. Jarak yang paling efektif untuk menerbangkan Phantom 4 adalah berkisar pada 0.7 sampai 15 meter.

Aplikasi DJI GO yang ada pada Phantom 4 akan memberitahukan rintangan yang menghalangi penerbangan Phantom 4. Meskipun sudah terdapat aplikasi tersebut, Anda harus fokus dan berhati-hati ketika menerbangkan Phantom 4 untuk menghindari rintangan. Baca Juga : cara pemakaian Aplikasi DJI GO

Obstacle Sensing System hanya dapat berfungsi pada mode Tap Fly, Active Track, Normal Mode, dan Intelligent Navigation Functions. Selain mode tersebut, sistem tersebut tidak akan dapat digunakan.

Pada sistem propulsion, Phantom 4 memiliki beberapa peningkatan. Phantom 4 dilengkapi dengan motor yang sangat efektif dan lebih fleksibel. Teknologi tersebut membuat Phantom 4 menjadi lebih responsif dan lebih gesit ketika anda memberikan perintah pada pesawat Phantom 4.

Menurut produsen Phantom 4, baterai Phantom 4 dapat bertahan selama 28 menit ketika sedang terbang di udara. Tetapi waktu terbang ini dapat berkurang atau bertambah tergantung faktor-faktor seperti ketinggian, flight patterns, dan cuaca pada daerah tersebut.

Pada Phantom 4, push and release propeller dipasangkan dengan lebih cepat dan aman daripada self lightening propeller yang ada pada Phantom 3. Keamanan tersebut dapat membuat Phantom 4 menjadi lebih responsif untuk diarahkan.

Unit pengerekaman juga akan lebih cepat. Gimbal yang ada pada Phantom 4 sudah ditanam secara langsung dalam body Phantom 4. Hal ini membuat Phantom 4 memiliki Gimbal yang lebih kokoh karena dilindungi oleh composite material.

Kamera yang ada pada Phantom 4 tentunya lebih baik daripada seri yang lain. Kamera ini telah mengalami perkembangan sehingga menghasilkan kualitas gambar yang sangat jelas. Pada Phantom 4, chromatic aberration telah dikurangi sebanyak 56% dan distorsi pada lensa juga berkurang sampai 36% jika dibandingkan dengan Phantom 3 profesional.

Firmware yang ada pada kamera ini dapat menangkap gambar sampai 120 fps dan menghasilkan video dengan kualitas 1080p FHD. Kamera pada Phantom 4 juga dilengkapi dengan mode Tap Fly dan Active Track.

Pada Phantom 4 ditambahkan compass dan IMU agar kamera dapat melakukan navigasi secara otomatis dan data yang akurat. Data yang diperoleh dari IMU akan dioleh untuk proses navigasi tersebut. Keunggulan lain yang dimiliki oleh Phantom 4 adalah adanya Phantom 4 live feed dan remote control. Kedua fasilitas ini tergantung kepada teknologi yang disebut dengan DJI Lightbridge. Fasilitas ini membuat kontrol menjadi lebih efektif sampai 5km tanpa adanya pembatas atau halangan.

Tentu saja Phantom 4 ini juga dilengkapi dengan smart return home. Phantom 4 akan menghindar dari halangan ketika terbang kembali ke daerah awal.

Sport mode pada Phantom 4 memberikan kegunaan yakni meningkatkan kecepatan sampai 70 km/jam. Mode ini menawarkan kesenangan untuk pengguna karena dapat menerbangkan Phantom 4 dengan kecepatan yang tinggi. Pada mode attitude, kecepatan Phantom 4 adalah 12 km/jam. Pada kondisi tertentu anda dapat menggunakan mode ini.

Pada mode attitude GPS dan VPS yang ada pada Phantom 4 tidak akan berfungsi. Anda dapat melakukan untrack pada mode active track. Anda dapat menekan tombol stop yang ada pada bagian kiri layar gadget anda atau menahan stick pada posisi backward sekitar 3 detik untuk melakukan untrack. Pesawat akan hovering pada titik yang ditentukan. Pada saat tersebut anda dapat menemukan objek yang baru atau membuatnya pesat kembali ke rumah.

Phantom 4 dapat membaca objek dengan ukuran 500 pixels. Anda dapat mengaktifkan mode active track pada Phantom 4 dengan ketinggian 3 meter dari tanah. Berbagai keunggulan ini akan memudahkan kinerja anda. Anda bisa merekam dengan objek yang tepat, gambar yang jelas, dan waktu yang cepat. Jika anda adalah seorang pemula, maka anda dapat belajar terlebih dahulu untuk menerbangkan pesawat ini. Fitur-fitur yang canggih tanpa dilengkapi dengan kemampuan penerbangan yang baik akan membuat pesawat ini cepat mengalami kerusakan.


Demikianlah Artikel Uji Terbang dan Uji Fitur Drone Dji Phantom 4

Sekian Galeri Drone Uji Terbang dan Uji Fitur Drone Dji Phantom 4, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Review Drone kali ini.

Anda sedang membaca artikel Uji Terbang dan Uji Fitur Drone Dji Phantom 4 dan artikel ini url permalinknya adalah http://galeridrone.blogspot.com/2016/04/uji-terbang-dan-uji-fitur-drone-dji.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

1 Response to "Uji Terbang dan Uji Fitur Drone Dji Phantom 4"

  1. Borgata Hotel Casino & Spa in Atlantic City, NJ - Mapyro
    Find 거제 출장안마 reviews, 아산 출장안마 hours, 화성 출장샵 directions, 경산 출장샵 coupons and more for Borgata Hotel Casino & 하남 출장안마 Spa in Atlantic City, NJ.

    ReplyDelete