Uji Kualitas Video Dji Phantom 4

Uji Kualitas Video Dji Phantom 4 - Hallo sahabat Drone Galeri Drone Indonesia, Pada sharing Galeri Drone Indonesia kali ini yang berjudul Uji Kualitas Video Dji Phantom 4, saya telah menyediakan review galeri drone lengkap. mudah-mudahan isi postingan galeri drone yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia reviewnya.

Title : Uji Kualitas Video Dji Phantom 4

lihat juga


Uji Kualitas Video Dji Phantom 4

Uji kualitas photo dan video Dji Phantom 4
Uji kualitas photo dan video Dji Phantom 4
Kami telah melihat fitur-fitur Phantom 4, tetapi bagaimana dengan kualitas videonya?

Menurut DJI, Phantom 4 memiliki lensa baru yang lebih tajam dengan sedikit disorsi untuk memaksimalkan pengambilan gambar dan penangkapan cahaya. Untuk menguji kekuatan lensa ini, kita mengambil dua tester yaitu Phantom 3 dan Phantom 4.

Kita mempergunakan kedua kamera itu hingga sampai sekitar 100 meter dan melihat secara lebih dekat dengan cakrawala dan objek yang dibidik. Sesudah memperoleh hasil bidikannya, kami mulai meninjau dan mengulas hasil rekamannya. Dari hasil rekaman tersebut, sepertinya ada perbaikan kecil pada disorsi lensanya. Tetapi Phantom 3 memiliki disorsi yang cukup sulit untuk menyatu dengan lensa itu. Jadi hal ini bukanlah sebuah perbaikan yang bisa diperhatikan oleh pengguna lebih sering. Kami masih perlu melakukan sebuah tes dan uji ketajaman dengan tepat, tetapi gambarnya sedikit lebih tajam dari prediksi.

Slow Motion (Gerakan Lambat)

Ada beberapa fitur yang tertanam di kamera Phantom 4. Salah satunya adalah fitur slow motion. Satu hal yang mengejutkan saya adalah modus slow motionnya (gerak lambat) berada 1080P 120 FPS.

Selama beberapa hari mengulas dan memiliki Phantom 4, saya baru tahu bahwa fitur 120 FPS dalam aplikasi yang tertanam itu. Namun, saya tidak pernah repot-repot untuk mencarinya di kamera Phantom 4 karena mode slow motion (gerak lambat) biasanya tidak pernah terlihat semuanya baik dan pas pada kebanyakan kamera dan telepon pintar.

Hari ini adalah hari kamera, jadi saya berpikir bahwa saya akan melakukan suatu percobaan lagi. Mengherankannya, rekaman itu sebenarnya dapat digunakan untuk uji coba tersebut. Dalam rekaman itu, tidak tampak dan terlihat sedekat dan sebaik ini melebihi 4K, tetapi semua artefak kompresi video yang mencengangkan ini untuk kebanyakan kameranya ternyata memiliki kemampuan untuk membidik gambar dalam situasi slow motion (gerak lambat).

Apa Yang DJI Tidak Bisa Katakan

Berdasarkan apa yang dikatakan dan ulasan dari DJI, tentu saja ada beberapa hal menarik tentang fitur-fitur Phantom 4. Jika sudah melihat secara rinci dan detail tentang rekaman uji coba Phantom 4, akan terlihat bahwa kamera Phantom 4 ini belum benar-benar meningkat dan membaik seperti yang digembor-gemborkannya.

Akan tetapi, saya sudah menemukan beberapa perbedaan yang jelas antara dua kamera (Phantom 4 dan Phantom 3) dan sejauh ini saya begitu senang dengan apa yang saya lihat akan kedua kinerja dari kamera itu.

Hal pertama yang saya perhatikan langsung adalah bahwa Phantom 4 mempunyai pengaturan white balance yang lebih baik dan cerah dibandingkan dengan Phantom 3 atau kamera lainnya. Hal ini menyesuaikan fitur white balance yang lebih akurat dan penetapan dan pemasangan white balance nampaknya memberikan hasil yang lebih baik untuk hasil pemotretannya. Berikut ada dua gambar yang menunjukan kamera yang menggunakan perlengkapan dan pemasangan white balance yang cerah. Gambar bawah adalah Phantom 4 dan gambar atas merupakan Phantom 3 dengan perbedaan spesifikasi dan fitur.

Kualitas photo white balance Dji Phantom 3
Kualitas photo white balance Dji Phantom 4
Kualitas photo white balance Dji Phantom 4
Berdasarkan ulasan dan tinjauan hasil jepretan dari kedua kamera ini, saya tidak bisa mengatakan dengan pasti. Tetapi, nampaknya seperti ada rentang yang sedikit lebih dinamis di dalam gambar hasil jepretan Phantom 4 dibandingkan dengan Phantom 3.

Saya terus mencoba untuk melihat gambar-gambar hasil jepretan dari Phantom 4 dimana ulasan dan fitur midtones sama dengan Phantom 3. Namun, bayangan-bayanganya terhadap hasil jepretan gambar tampaknya lebih detail dan rinci. Phantom 4 juga tampaknya memperoleh eksposur cahaya yang lebih tepat dan sering daripada Phantom 3.

Dengan menggunakan Phantom 3, saya akan mencoba untuk membidik gambar dengan mengatur mode manual penuh, tetapi dengan Phantom 4 saya biasanya hanya akan mengatur pengaturan di auto dan mengatur fitur white balance untuk menghasilkan jepretan gambar dengan kualitas yang sama.

Dari perbandingan fitur-fitur tersebut, bisa dikatakan bahwa kamera Phantom 4 mempunyai kualitas spesifikasi lebih baik dari Phantom 3 walaupun hanya melakukan sedikit peningkatan di beberapa fiturnya. Tetapi, hal tersebut cukup untuk meningkatkan hasil jepretan dan gambarnya lebih cerah dan baik

Tidak Ada Optical Zoom? Tak Menjadi Masalah

Optical Zoom sepertinya cukup penting untuk menunjang kualitas hasil pemotretan dan kinerja dari suatu kamera. Tetapi, hal ini sepertinya tak berlaku untuk kamera Phantom 4. Walaupun Phantom 4 ternyata tak memiliki optical zoom seperti yang kami duga sebelumnya, Phantom 4 memang mempunyai fitur dan sesuatu mengagumkan yang lain dibandingkan dengan Optical Zoom. Di dalam ulasan dan tinjauan yang sudah dilakukan, tak adanya aplikasi Optical Zoom tak menjadi masalah untuk menunjang kinerja dari Phantom 4. Dalam aplikasi DJI Go yang tersemat dalam kamera ini, kini Anda bisa mencolek tombolnya untuk memperbesar dan memperkecil objek yang hendak ditangkap secara digital. Sepertinya terlihat sangat menarik untuk didiskusikan.

Fitur tersebut hanya tersedia pada Phantom 4 dan yang menarik tentang fitur itu adalah bahwa Anda bisa memperoleh dan melakukan digital zoom dua kali dalam modus 2.7 saat pemotretan. Jika Anda tak pernah merasa nyaman dengan lensa sebelumnya, seperti lensa dengan sudut lebar (wide angle) pada Phantom yang hanya sedikit terlalu lebar, fitur ini amatlah bagus untuk kamera Phantom. Beberapa orang mungkin mengatakan hanya membidik tangkapan gambar dengan ukuran 4K akan menghasilkan gambar bagus dan kemudian Anda bisa memperbesarnya saat Anda memperoleh rekaman di dalam editor.

Tetapi, itu bukanlah ide terbaik dan inilah mengapa Anda harus memperhatikan hal-hal lain dalam membidik gambar dengan kamera Phantom 4. Ketika Anda membidik gambar di kekuatan modus 2.7 K dan memperbesarnya dengan mempergunakan aplikasi DJI Go, cara itu hanya bisa merekam bagian kecil dari sensor gambar. Jadi, tentu saja hanya ada sedikit piksel untuk mengkompres  ukuran gambar dan video ketika membuat file video dengan kamera Phantom 4 ini. Hal ini berarti bahwa Anda harus mengakhirinya dengan hasil jepretan dengan sebuah gambar yang lebih bersih dan bening dengan artefak kompresi yang kurang dari pengambilan gambar dengan modus 4K dan memotong ukurannya nanti.

Apakah Lebih Baik Memotret dengan Cahaya Lebih Rendah?

Saat melakukan beberapa tes pengambilan gambar untuk ulasan kamera Phantom 4 ini, saya menemukan sesuatu yang sangat menarik dalam aplikasi DJI Go yang tertanam di kamera ini.

Ada sebuah pengaturan baru yang ada di dalam kamera ini disebut dengan pengurangan kebisingan 3D (3D noise reduction). Pengaturan ini sudah siap digunakan secara default. Jadi, hanya hanya mengatur settingnya saja sebelum mengunakan 3D noise reduction untuk memaksimalkan hasil jepretan gambar.

Tetapi, dalam percobaan ini, saya mencoba mematikannya atau tak menggunakannya. Hal ini saya gunakan untuk memperhatikan sebuah perbedaan yang cukup besar dan mendasar dalam jumlah suara yang dihasilkan oleh objek yang terlihat menarik keluar dari gambar yang ditangkap.

Cara ini akan membuat hasil pemtrotean lebih hidup dan maksimal. Hal ini sebenarnya sebuah fitur menarik yang biasanya hanya tersedia di kamera DJI X5 yang lebih mahal, tetapi ternyata sekarang ada di fitur seperti itu di kamera Phantom 4.

Tentu saja, hal ini amat menarik sebagai fitur unggulan di kamera Phantom 4. Anda bisa mempercayakan kemampuan Phantom 4 untuk menghasilkan gambar lebih indah, jelas, dan nyata.

Sebelum menggunakan Phantom 4 untuk pemotretan, saya tak pernah berpikir bahwa itu akan membuat para sineas berpengalaman lebih bahagia dan puas daripada saat mereka yang mempergunakan Phantom 3 sebagai alat fotografi.

Hal ini karena beberapa fitur yang tersemat di dalam Phantom 4 sebenarnya hampir sama dengan kamera generasi sebelumnya. Setelah melakukan ulasan ini dengan mendalam, saya merasa fitur seperti itu akan sangat layak dan berharga untuk meningkatkan performa pemotretan dan mengupgrade ke Phantom 4, bahkan, jika hal itu hanya untuk beberapa perbaikan yang sudah saya sebutkan diatas.

Memotret di dalam cahaya lebih rendah bukan menjadi masalah lagi saat memanfaatkan Phantom 4. Anda bisa melakukannya dengan mudah dan memuaskan. Itulah tadi beberapa hal tentang Phantom 4 secara rinci mengenai fitur, spesifikasi, dan kinerjanya yang semakin meningkat dibandingkan dengan Phantom 3. 



Demikianlah Artikel Uji Kualitas Video Dji Phantom 4

Sekian Galeri Drone Uji Kualitas Video Dji Phantom 4, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Review Drone kali ini.

Anda sedang membaca artikel Uji Kualitas Video Dji Phantom 4 dan artikel ini url permalinknya adalah http://galeridrone.blogspot.com/2016/04/uji-kualitas-video-dji-phantom-4.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Uji Kualitas Video Dji Phantom 4"

Post a Comment